Cara Membuat Website Gratis dengan Wordpress

Admin14 Sep 2023

Di era digital seperti ini, memiliki website telah menjadi hal penting untuk membangun citra pribadi, bisnis, dan menampilkan bakat atau minat Anda. Jika Anda selama ini berpikir bahwa membuat website memerlukan keahlian teknis atau biaya mahal, mari kita koreksi pandangan tersebut. Sebab, ada cara membuat website gratis.

Berikut ini adalah langkah-langkah membuat website gratis menggunakan WordPress, tanpa perlu pengetahuan detail tentang pemrograman.

1. Menentukan Tujuan Website Anda

Sebelum memulai proses teknisnya, tentukan dengan jelas tujuan dari website Anda. Apakah Anda ingin memulai sebuah blog, menampilkan portofolio, mempromosikan bisnis kecil, atau membuat website pribadi? Memahami tujuan ini akan membantu Anda memilih platform dan desain yang tepat untuk website Anda.

2. Pilih Website Builder yang Tepat

Ada beberapa platform website builder yang ramah pengguna dan menawarkan paket gratis. Pemula dapat membuat website dengan mudah. Beberapa opsi yang populer digunakan antara lain Wordpress.com, Wix, Weebly, dan Google Sites.

3. Daftar dan Mulai

Dalam artikel ini, kita memilih menggunakan Wordpress.com, karena merupakan salah satu platform populer dengan fitur yang lengkap. ● Masuk laman www.wordpress.com dan klik “Mulai” ● Masukkan Alamat email Anda, buat nama pengguna, kata sandi, dan pilih paket gratis. ● Setelah mendaftar, Anda akan diarahkan ke dashboard Wordpress.

4. Memilih Nama dan Domain untuk Website Anda

Nama website Anda penting karena merepresentasikan identitas online Anda. Jadi pilihlah nama yang sesuai dengan tujuan website dan mudah diingat oleh pengunjung. Apabila Anda memilih paket gratis, domain website akan berupa subdomain dari Wordpress (misalnya, websitename.wordpress.com). Namun, Anda masih bisa meng-upgrade ke domain kustom dengan paket berbayar.

5. Memilih Tema

Wordpress.com menawarkan beragam tema gratis yang cocok untuk berbagai jenis website. Telusuri berbagai tema dan pilih yang paling sesuai dengan konten dan style website Anda. Setelah memilih tema, klik tema tersebut dan tekan tombol “Aktifkan.”

Baca Juga : Cara Membuat Website yang Mudah Dipraktekan

6. Sesuaikan Tampilan Website Anda

Setelah tema diaktifkan, sesuaikan tampilan website Anda agar lebih personal. Akses opsi “Sesuaikan” di dashboard Wordpress, di mana Anda bisa mengubah warna, font, header, footer, dan lainnya. Lalu, unggah logo dan gambar header untuk memberikan sentuhan personal pada website Anda.

7. Buat Halaman Penting

Sebuah website standar biasanya mencakup halaman penting seperti Beranda, Tentang Kami, Layanan/Produk, Kontak, dan Blog. Setelah itu, buka “Halaman” di dashboard Wordpress, klik “Tambah Baru,” dan mulai membuat setiap halaman dengan konten yang relevan.

8. Publikasikan dan Maintenance Website Anda

Setelah menyelesaikan proses kustomisasi dan menambahkan konten, tinjau website Anda dan lakukan perubahan jika diperlukan. Jika sudah puas, klik tombol “Publikasikan” untuk membuat website Anda tersedia untuk publik.

9. Promosikan Website Anda

Bagikan website Anda di platform media sosial dan kepada teman serta keluarga untuk mendapatkan pengunjung awal. Tetap perbarui konten website secara berkala agar pengunjung tetap tertarik.

Membuat website gratis kini dapat diakses oleh siapa saja, berkat platform seperti Wordpress.com yang ramah pengguna. Dengan mengikuti cara membuat website di atas dan memanfaatkan berbagai alat yang tersedia, Anda bisa mewujudkan website dan menyebarkan pesan Anda ke seluruh dunia. Dan tentunya ada HARTS yang siap membantu Anda dalam membuat website tampak lebih profesional. Hubungi kami segera!

Kunjungi Instagram Harts untuk uodate info dan promo terbaru dengan klik disini