Ukuran Feed Instagram yang Tepat Untuk Kontenmu

Admin07 Dec 2022

Membuat konten yang bagus dan menarik perhatian memang bukan perkara gampang. Ada banyak aspek yang perlu diperhatikan dengan cermat. Bagi yang mengutamakan visual seperti Instagram, ukuran yang optimal sangatlah penting. Apalagi menggunakan ukuran feed Instagram yang tepat bisa membuat konten Anda tampak lebih menarik. Selain itu, ukuran konten yang tepat juga bisa meningkatkan engagement dan memastikan audiens dapat melihat kontennya secara keseluruhan. Nah, berapa ukuran feed instagram yang tepat untuk kontenmu? Yuk simak ulasan di bawah ini.

Ukuran Feed Instagram

Instagram memiliki beberapa ukuran feed. Pastikan kamu memilih ukuran yang tepat sesuai dengan jenis kontenmu. Dengan ukuran feed yang pas, kontenmu akan tampil lebih menarik. Inilah pilihan ukuran feed instagram.

1. Square Post

Adalah jenis konten yang sering kamu lihat di feed instagram. Konten ini bentuknya persegi dengan rasio 1:1, artinya ukuran lebar dan tingginya sama. Dengan rasio itu, kamu dapat menggunakan resolusi 1080 x 1080 pixels agar mendapatkan kualitas konten yang jelas.

2. Horizontal Post

Disebut juga dengan landscape post. Konten yang berorientasi horizontal disarankan memiliki rasio 16:9 atau 1.91:1. Dengan rasio itu, resolusi yang dibutuhkan agar konten tampil bagus adalah 1080 x 566 pixels. Lebih tinggi pikselnya, tentu semakin jernih kualitasnya.

3. Vertical Post

Vertical atau potrait post memiliki rasio 4:5. Kalau kamu memiliki ukuran lebih dari rasio yang ditentukan, misalnya 4:6, maka secara otomatis instagram akan memotong bagian tersebut. Menggunakan ukuran ini sebenarnya tricky karena kamu harus memastikan fokus konten yang diunggah agar dapat merepresentasikan konten dengan baik. Sebab, instagram akan tetap menampilkan ukuran persegi (1:1) sebelum audiens meng-klik konten itu. Selanjutnya, resolusi yang dianjurkan untuk ukuran feed instagram ini adalah 1080 x 1350 pixels.

Instagram menjadi salah satu platform media sosial terbesar di dunia. Menurut laporan data We Are Social per April 2022, pengguna aktif instagram di dunia mencapai 1.45 miliar orang. Indonesia menduduki peringkat ke-4 negara dengan pengguna instagram terbanyak, yaitu 99.9 juta pengguna aktif.

Sehingga sangat penting untuk selalu memperhatikan konten yang akan diposting, terutama bagi kamu yang menggunakan instagram sebagai media marketing. Berikut adalah tips memposting feed di Instagram.

  1. Ukuran 1080 pixels adalah ukuran terbaik agar postingan foto tampak bagus.
  2. Jika kamu share gambar dengan ukuran di atas 1080 pixels, maka Instagram akan menurunkan ukuran menjadi 1080 pixels.
  3. Jika kamu share gambar dengan resolusi di bawah 320 pixels, Instagram akan menambahnya ukuran hingga 320 pixels.
  4. Jika kamu share gambar dengan ukuran di antara 320 dan 1080 pixels, maka Instagram tidak akan mengubah ukuran tersebut selama gambar itu memiliki rasio 4:5.
  5. Jika kamu upload gambar yang berbeda rasio, secara otomatis instagram akan crop fotomu sesuai dengan rasio yang ditentukan.

Itulah beragam ukuran feed instagram yang perlu kamu ketahui. Sehingga dapat menampilkan konten lebih baik dan menarik perhatian audiens. Dalam hal ini, HATS siap membantumu untuk menciptakan konten yang menarik. Hubungi kami segera!