Intip 5 Cerita Sukses Dari Branding Perusahaan Terkenal

Admin16 Aug 2022

Setiap pebisnis pastinya ingin brand produknya dikenal oleh masyarakat luas. Namun, untuk mencapai itu semua, ada banyak tantangan yang perlu dilalui. Jika Anda dalam proses membangun bisnis, maka tak ada salahnya jika mengetahui branding produk dari perusahaan terkenal. Strategi branding yang kuat mampu membuat perusahaan itu bertahan hingga saat ini. Cerita dan strategi branding perusahaan ternama ini dapat dijadikan benchmark dalam mem-branding produk bisnis Anda. Apa saja? Dan bagaimana? Mari simak ulasan berikut.

1. Branding Starbucks

Jika mendengar kata Starbucks, maka pikiran langsung tertuju ke produk minuman kopi dengan logo berwarna hijau. Sebuah brand kopi terkenal dan produknya sudah tersebar di seluruh dunia. Kesuksesan yang dicapai brand yang memulai debutnya sejak 1971 ini tak dapat dilepaskan dari konsistensi terhadap produk maupun strategi yang dijalankan sejak dulu. Berawal dari kecintaan warga Amerika terhadap kopi lalu menjadi lifestyle yang mengarah ke fungsi kedai kopi. Tidak hanya sebagai tempat jual-beli kopi, pemanfaatan kedai kopi dikembangkan oleh Starbucks menjadi tempat favorit berkumpul dengan keluarga, teman, maupun kelompok. Starbucks berkembang menjadi kedai kopi yang menawarkan pengalaman melalui kualitas produknya dan suasana kedai yang nyaman dan menyenangkan. Store experience ini menjadi strategi branding kuat yang dijalankan oleh Starbucks. Mereka berinvestasi secara signifikan dalam menciptakan suasana store yang nyaman dengan standarisasi yang sudah ditentukan. Desain interior dipersiapkan dengan apik dan artistik. Melalui store experience inilah, Starbucks bertekad menjadi rumah ketiga bagi semua orang setelah rumah dan kantor. Pengunjung dibuat nyaman saat berada di kedai kopi Starbucks. Desain interior yang unik mampu menarik perhatian siapapun yang melihatnya. Ketika Anda masuk, terdengar sapaan hangat dari pelayan yang menyambut pengunjung Starbucks. Setelah itu, Anda dapat memilih berbagai macam produk minuman kopi, kue, dan lainnya. Pelanggan dibuat puas dengan pelayanan dan kualitas produk yang disajikan oleh Strabucks.

2. Branding Apple

User experience yang ditawarkan oleh Apple membuat penggunanya tidak ingin beralih ke produk lain. Ini menjadi salah satu strategi branding kuat dari brand yang diusung oleh Steve Jobs ini. Produk Apple membuat penggunanya merasa lebih praktis dan eksklusif. Mereka menciptakan sebuah “komunitas” yang membuat penggunanya nyaman dan enggan berpindah ke merk gadget lainnya. Komunitas yang dimaksud seperti produk Apple mudah terintegerasi hanya dengan sesama produk Apple. Anda akan merasa kesulitan jika beralih ke sistem lainnya, seperti Android. Teknologi dan sistem yang hanya bisa ditemukan pada produk Apple. Hal ini sesuai dengan slogan “Think Different” yang diusung oleh Apple. Kenyamanan pengguna juga diperkuat dengan kecanggihan namun tetap user friendly, yang dimiliki produk Apple. Tentu saja ini mampu memangkas pemikiran kebanyakan orang bahwa semakin canggih teknologi produk, maka semakin rumit pengoperasiannya. Ada kepuasan tersendiri jika memiliki produk Apple. Simple namun tetap mengutamakan fungsionalitas produk.

Baca Juga : Konten Foto Dan Video, Mana Yang Lebih Menarik?

3. Branding Nike

Logo Swoosh menjadi branding kuat yang dimiliki brand sepatu ternama Nike. Tanpa adanya tulisan Nike, Anda pasti langsung mengenali logo berbentuk centang itu adalah milik produk Nike. Selain itu, emotional branding juga dapat langsung terlihat dalam tagline “Just Do It” yang diusung oleh Nike. Dengan tagline tersebut, perusahaan ingin membuat masyarakat merasakan pengalaman dan keinginan emosional yang mendalam. Slogan itu nyatanya terinspirasi dari seorang tahanan Bernama Gary Gilmore pada tahun 1977. Gilmore dijatuhi hukuman mati atas kasus pembunuhan. Saat akan dieksekusi, Gilmore ditanya apakah memiliki kata-kata terakhir untuk disampaikan. Dan dia menjawab dengan lugas “Let’s Do it.” Selanjutnya pada tahun 1988, Nike meminta bantuan Dan Wieden, salah satu pendiri agensi periklanan. Dan Wieden dan Gary Gilmore sama-sama berasal dari Portland. Wieden menggunakan frasa kata “Just Do It” itu dalam iklan Nike di tahun 1988. Nyatanya, tagline itu mampu membawa kesuksesan produk Nike hingga saat ini.

4. Branding Coca-Cola

Sejak awal diperkenalkan pada tahun 1886, Coca -Cola menjadi salah satu perusahaan yang mampu mempertahankan branding dan kedekatannya konsumen hingga saat ini. Musik memainkan peran penting dalam branding produk ini. Lagu berjudul Open Happiness menjadi lagu kebanggaan merk Coca-Cola sejak awal ditampilkan di iklan televisi di Amerika. Bahkan lagu ini dirilis menjadi single. Pada November 2009, The Coca-Cola Company meluncurkan versi Indonesia dari “Open Happiness,” dengan judul “Buka Semangat Baru.” Selain itu, slogan Coca-Cola juga selalu menarik perhatian masyarakat. Salah satunya slogan yang terbaru, yaitu “Rasakan Keajaiban.” Dalam hal visual produk, brand ini juga memiliki konsistensi sangat baik. Mulai logo, iklan, desain, dan pengemasan produk yang relatif sama dari dulu hingga sekarang. Tidak banyak perubahan namun tetap mampu mengikuti perkembangan zaman. Coca-Cola mampu memanfaatkan visual yang simple dengan sangat efektif.

5. Branding McDonald’s

Logo klasik berbentuk M dengan warna kuning cerah menjadi andalan brand McDonald’s. Siapapun yang melihatnya, pasti langsung mengenali dengan baik. Keseragaman adalah salah satu kunci sukses McDonald’s hingga saat ini. Selain itu, mereka memberikan banyak varian produk makanan, yang dapat dinikmati usia anak-anak hingga dewasa. Perusahaan yang dibangun sejak 1955 ini juga berhasil membangun identitasnya melalui tagline “I’m lovin it.” Saat mendengar atau melihat kalimat itu, pikiran langsung tertuju pada brand makanan asal Amerika tersebut. Itulah contoh branding produk dari perusahaan terkenal di dunia. Strategi branding mereka dapat Anda adaptasi dan sesuaikan dengan kebutuhan perusahaan masing-masing. Anda juga bisa memanfaatkan jasa branding HARTS. Jasa branding Surabaya ini memiliki skill yang mumpuni dan terpercaya sehingga siap membantu keberhasilan perusahaan Anda! Hubungi kami sekarang juga!